Selasa, 21 Juni 2011

Structured Query Language ( SQL )

Structured Query Language atau yang sering disingkat SQL adalah merupakan bahasa yang berisi perintah-perintah pemanipulasian data dan pendefinisian database. Yang termasuk kedalam perintah-perintah pemanipulasian data adalah penampilan data,mengupdate data,menghapus data,dan menggabungkan data. Yang termasuk kedalam pendefisian database adalah membuat/manghapus database,membuat/menghapus table,dan membuat/menghapus index.
Beberapa Sistem database yang menggunakan SQL,diantaranya adalah Ms.Access,MySQL server,Oracle,PostgressSQL,DB2,MySQL,interbase,dan lainnya.
SQL database memiliki sifat dinamis,maksudnya struktur tabelnya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa harus melakukan konversi data yang sudah ada karena informixSQL secara otomatis melakukannya. SQL database juga memiliki fasilitas proteksi terhadap integritas database.


Penggunaan SQL

Menurut penggunaannya,perintah-perintah SQL dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian,yaitu:
1. Secara interpretasi (Interactive SQL),yaitu dengan cara memasukkan perintah-perintah SQL melalui console atau mikrokomputer dan secara langsung diproses sehingga dapat langsung dilihat.
2. Secara sisip (Embedded SQL),yaitu dengan cara menyisipkan perintah-perintah SQL kedalam bahasa pemrograman tertentu sehingga untuk melihatnya dibutuhkan media khusus yang dirancang oleh seorang programmer.

Statemen SQL


Yang dimaksud dengan statemen SQL adalah sekumpulan perintah-perintah SQL yang memiliki peranan dalam pembentukan dan pengaturan database. Statemen SQL terbagi menjadi 3 bagian,yaitu;

1. DDL (data definition language),yaitu sebuah perintah SQL berorientasi pada pembentukan atau penghapusan database,table dan index.
2. DML (data manipulation language),merupakan kumpulan perintah SQL yang berfungsi untuk melakukan pendefinisian pemakai yang boleh atau tidak mengakses database dan apa saja privilegenya. Kategori DCL (Rollback,Grant,dan Revoke).

Fungsi SQL

Fungsi-fungsi SQL ini penggunaannya harus bersamaan dengan perintah DML. Fungsi-fungsi SQL yang lazim digunakan diantaranya adalah ;

1. Fungsi Agregat,yaitu sebuah fungsi built-in yang hampir pasti ada dalam system database relasional. Dengan kata lain fungsi agregat merupakan fungsi standar dari SQL.
Yang termasuk dalam fungsi agregat ( Avg,Sum,Count,Max,Min,Std,dan Stddev )
2. Fungsi aritmatik,yaitu sebuah fungsi yang berguna dalam proses perhitungan atau manipulasi data numerik.
3. Fungsi string,berfungsi untuk melakukan manipulasi data yang bertipe string. Yang termasuk dalam fungsi string ( Ltrim(x), Trim(x), replace(x), left(x) ),dan sebagainya.
4. Fungsi tanggal,memiliki fungsi untuk mengatur data-data yang bertipe data datetime. Format tanggal dan jam pada MySQL.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates