Jumat, 01 April 2011

Sejarah Linux Dan Fungsi Linux

Sejarah Linux

Linux saat ini menjadi acuan dalam penggunannya sebagai system operasi untuk server. Berdasarkan hasil riset dari Gartner Group,beberapa vendor server seperti HP,IBM,DELL,dan SUN,dilaporkanbahwa telah menggunakan secara luas bahwa penjualan server komersil yang berbasis linux mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan yaitu sekitar 63%. Hasil riset ini kembali didukung dengan dukungan NOVELL kepada penggunaan Suse Linux pada mesin server yang dipasarkan.

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya,LINUS TORVALDS,dari Universitas Helsinki,finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu system operasi,suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu kepada suatu kumpulan lengkap perangkat lunak,yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu system operasi lengkap.


Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah system Unix kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang dipostingke miliscomp.os.minix,dengan maksud menawarkan untuk mempublikasikan kode sumbernya dan mengundang para developer lain untuk mengembangkannya bersama-sama. Kemudian pada tanggal 5 oktober 1991,Linus mengumumkan versi resmi Linux,yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH ( GNU Bourne Again Shell ) dan GCC ( GNU Compiler ). Untuk versi petama dirilis pada tanggal 14 maret 1994,setelah tiga tahun mengalami masa pengembangan yang dilakukan bersama oleh banyak programmer dari seluruh dunia.

Saat ini, Linux adalah system turunan UNIX yang lengkap,dapat digunakan untuk jaringan,pengembangan perangkat lunak,dan bahkan digunakan sehari-hari. Linux sekarang merupakan merupakan alternative OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersil. Untuk masalah penggunaanya,pengguna dapat memilih distribusi-distribusi Linux yang dikenal,misalkan Redhat,Mandrake,Suse,Debian,Gento,Slakware, dan lain-lain. Satu hal yang tidak mungkin dilupakan dari system operasi Linux adalah jika dibandingkan dengan system operasi lain Linux dapat mencapai tingkat fleksibilitas dan kustomisasi maksimum. Karena source kode diberikan,sehingga anda dapat mengubah,melakukan konfigurasi,atau melakukan perluasan bila diperlukan.

Fungsi Linux

Linux selain dapat digunakan untuk kalangan pengguna rumahan ( Workstation ) dimana aplikasi serta tampilannya yang sudah sangat ramah dengan pengguna. Untuk skala pengguna yang lebih khusus di server,dapat diklasifikasikan secara sederhana pengimplementasiannya,diantaranya sebagai berikut :

- Sebagai server web,baik untuk external ( terhubung dalam jaringan internet ) ,maupun internal ( intranet ).
Contoh aplikasi : Apache

- Sebagai server email.
Contoh aplikasi : Postfix

- Berbagai macam aplikasi server seperti FTP dan IRC
Contoh aplikasi : Proftpd

- Sebagai server DNS,yang digunakan untuk me-resolve nama domain dari LAN internal ataupun dalam komunikasi jaringan internet
Contoh aplikasi : Blind

- Digunakan dalam system Clustering,dimana sumber daya lebih dari satu CPU akan digabungkan ,sehingga tujuan akhirnya adalah membentuk suatu system computer yang lebih kuat dan cepat.
Contoh : Implementasi Beowulf clustering

- Interaksi dengan system operasi lain,dilakukan melalui tiga cara : kompatibilitas file dan system file,kompatibilitas jaringan,serta emulasi ( simulasi ) system operasi.
Contoh aplikasi : Vmware

- Memiliki banyak aplikasi pendukung yang powerful,dibuat sengan lisensi GNU. Dalam banyak hal,perangkat lunak gratis dan open source di Linux menyediakan fungsi yang sama dengan aplikasi komersial yang lebih mahal.
Contoh aplikasi : Corel

- Perkembangannya sangat cepat dan berkesinambungan,karena sourcecodenya didistribusikan bersama paket linux sehingga semua orang dapat mengembangkannya.
Contoh : Disertakannya kode sumber

- Menyertakan lengkap dengan gratis berbagai macam aplikasi pembangun.
Contoh aplikasi : Gcc

- Memiliki fasilitas Grahical User Interface yang disebut X,memiliki kesamaan dengan Microsoft Windows,tapi lebih fleksibel.
Contoh : Gnome

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates