Senin, 28 Februari 2011

Linear Array

Linear array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan suatu garis lurus dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Berikut ini diberikan deklarasi kelas Queue Linear sebagai implementasi dari Queue menggunakan linear array. Dalam prakteknya, anda dapat menggantinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Data diakses dengan field data, sedangkan indeks item pertama dan terakhir disimpan dalam field Head dan Tail. Konstruktor akan menginisialisasikan.
nilai Head dan Tail dengan -1 untuk menunjukkan bahwa antrian masih kosong dan mengalokasikan data sebanyak MAX_QUEUE yang ditunjuk oleh Data.

Destruktor akan
mengosongkan antrian kembali dan mendealokasikan memori yang digunakan oleh antrian.



Operasi-operasi Queue dengan Linear Array

Konstruktor
Konstruktor berguna untuk menciptakan queue yang baru dan kosong dengan memberikan nilai awal (head) dan nilai akhir (tail) dengan -1. Nilai -1 menunjukkan bahwa queue (antrian) masih kosong.

IsEmpty
Fungsi IsEmpty berguna untuk mengecek apakah queue masih kosong atau sudah berisi data,hal ini dilakukan dengan mengecek apakah tail bernilai -1 atau tidak. Nilai -1 menandakan bahwa queue masih kosong.

IsFull
Fungsi IsFull berguna untuk mengecek apakah queue sudah penuh atau masih bisa menampung data dengan cara mengecek apakah nilai tail sudah sama dengan jumlah
maksimal queue. Jika nilai keduanya sama, berarti queue sudah penuh.

EnQueue
Fungsi EnQueue berguna untuk memasukkan sebuah elemen dalam queue.

DeQueue
Fungsi DeQueue berguna untuk mengambil sebuah elemen dari queue. Operasi ini sering disebut juga serve. Hal ini dilakukan dengan cara memindahkan sejauh satu langkah ke posisi di depannya sehingga otomatis elemen yang paling depan akan tertimpa dengan elemen yang terletak di belakangnya.

Clear
Fungsi Clear berguna untuk menghapus semua lemen dalam queue dengan jalan mengeluarkan semua elemen tersebut satu per satu hingga queue kosong dengan memanfaatkan fungsi DEQueue.

Array Satu Dimensi

Array satu dimensi tidak lain adalah kumpulan kumpulan identik yang tersusun dalam satu barisan.Bentuk umum dari array satu dimensi. Nama array [n]=elemen1,elemen2,elemen3,…….n);

Array Dua Dimensi
Array dua dimensi sering digambarkan sebagai metric,merupakan perlusan dari array stu dimensi.Jika array satu dimensi terdiri dari dari sebuah baris dan beberapa kolom elemen,maka array dua dimensi terdiri dari beberapa buah baris dan beberapa buah kolom yang bertipe sama.
Bentuk umum dari array dua dimensi
nama array [m][n];
Atau
nama array [m][n] = {{a,b,c,……z},{1,2,…..n-1}}

ARRAY MULTIDIMENSI
Adalah Array yang terdiri dari beberapa subskrip array.
Terdiri dari :
o Array 2 dimensi adalah array yang mempunyai 2 subskrip array
o Array 3 dimensi adalah array yang mempunyai 3 subskrip array

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates