Minggu, 05 Desember 2010

Tips maksimalkan dan optimalkan baterai notebook/laptop

Banyak yang bertanya bagaimana caranya memaksimalkan dan merawat baterai notebook ? Banyak yang mengeluhkan baterai notebook-nya cepet banget drop. Sayang, padahal baterai notebook itu lumayan mahal harganya…
Padahal, di manual notebook sudah tertulis mengenai cara-cara memaksimalkan dan mengoptimalkan baterai notebook. Sayangnya ada kebiasaan buruk orang Indonesia yaitu tidak pernah membaca MANUAL ! Padahal para produsen (terutama produsen barang-barang elektronik yang ternama) sudah berbaik hati membuat manual yang cukup jelas dibaca, bahkan sudah banyak yang dibuat dalam bahasa Indonesia. Well, orang Indo lebih memilih bertanya kepada teman daripada membaca manual yang sudah disediakan.
Nah, tips dari Acer untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan baterai notebook adalah :
Memaksimalkan umur baterai
Seperti baterai yang lainnya, performa baterai akan berkurang seiring waktu dan pemakaian baterai tersebut. Nah, untuk memaksimalkan umur baterai, anda disarankan untuk mengikuti saran-saran dibawah ini.
Mengkondisikan baterai baru
Jadi, ketika kita membeli sebuah notebook baru (otomatis baterai nya juga baru), kita harus mengkondisikan baterainya terlebih dahulu. dengan melakukan pengkondisian ini diharapkan kita bisa mendapatkan daya simpan yang maksimal dari baterai.
Caranya,
1. setelah baterainya kita pasang ke dalam notebook, lakukan pengisian baterai dengan adaptor TANPA menghidupkan notebook tersebut.
2. Setelah baterai penuh (biasanya ada indikatornya di notebook, misalnya di Acer, tanda baterainya dari kuning berubah menjadi biru), langsung cabut adaptor secepatnya dan hidupkan notebook (menggunakan tenaga dari baterai).
3. Gunakan baterai sampai alarm low bat muncul (hampir kosong). Setelah itu matikan notebook dan ulangi siklus ini sampai baterai telah diisi dan digunakan penuh (dikuras) 3 X
Pengkondisian ini juga berlaku bagi baterai yang sudah lama tidak dipakai.
Jika notebook akan tidak dipakai sampai 2 minggu, kita dianjurkan untuk melepaskan baterai, dan menyimpannya di tempat yang bersuhu 10°C sampai 30°C. Suhu yang lebih panas dari 45°C atau lebih dingin dari 0°C akan merusak baterai.

Dan juga, daya simpan baterai akan berubah jika kebiasaan pemakaiannya yang kurang baik, seperti
• Menggunakan listrik AC secara konstan (tetap). Jika anda ingin menggunakan listrik AC secara tetap / lama, disarankan untuk mencopot baterai setelah baterainya penuh.
• Tidak mengisi baterai sampai benar-benar penuh dan menggunakan baterai sampai hampir habis. Jadi disarankan untuk mengisi baterai sampai benar-benar penuh dan menggunakan baterai sampai hampir habis.
• Baterai mempunyai masa pakai optimal sampai sekitar 300 kali pengisian ulang. semakai sering dipakai, semakin cepat baterai itu mencapai akhir dari masa pakai optimalnya.
Mengoptimalkan umur baterai
Mengoptimalkan umur baterai akan membuat anda dapat memanfaatkan baterai lebih lama. Untuk mengoptimalkan umur baterai, anda disarankan untuk mengikuti saran-saran dibawah ini.
• Beli baterai tambahan (bagi yang punya uang lebih)
• Gunakan listrik AC bila memungkinkan. Simpan baterai untuk berpergian.
• Simpan baterai di tempat yang kering dan sejuk. Disarankan suhu tempatnya 10°C sampai 30°C. Suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan listrik pada baterai berkurang sendiri lebih cepat.
• Proses charge yang berlebihan akan mengurangi umur baterai.
• Peliharalah baterai dan charger nya (jauhkan dari air, simpan di tempat yg sejuk)
Tips tambahan untuk pengguna Windows
Jika notebook anda tidak dilengkapi dengan software khusus untuk mengatur dan memperlihatkan status baterai dari produsen (misal : Acer Empowering) , anda bisa menggunakan manajemen power (baterai) bawaan xp.
Dalam keadaan standar, biasanya icon power options (yang gambarnya colokan listrik ato baterai) akan menghilang begitu anda melepaskan adaptor dan menggunakan baterai, sehingga anda tidak bisa dengan mudah mengetahui sisa daya baterai anda. untuk mencegah hal ini, buka Control panel,lalu Power Options, lalu Advanced. kemudian centang (silang) di pilihan “Always show icon on taskbar“. Setelah itu icon power options tidak akan menghilang lagi dan anda bisa dengan mudah mengetahui keadaan baterai.
Untuk manajemen power (baterai) bawaan xp, anda tinggal meng-klik sekali di icon tersebut, kemudian pilihan setting pengaturan power akan muncul.
Begitulah saran dari Saya..
Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates